5 Fakta Penting La Nyalla Bakal Bikin Kamu Kaget!

fakta penting la nyalla

Berita Terkini – Belakangan ini terdengar nama La Nyalla di media sosial, fakta penting La Nyalla juga terungkap. Langkah ia untuk menjadi calon Gubernur Jawa Timur kanda sebelum berlaga. Padahal dirinya menyatakan siap bertarung di laga pemilihan lima tahunan tersebut. Dia juga telah mengantongi restu dari Ketua Umum Partai Gerindra.

Beberapa Fakta Penting La Nyalla

Nama La Nyalla Matalitti mungkin baru-baru muncul di media sosial. Menjadi orang tenar di Indonesia sendiri adalah perkara mudah, tanpa memiliki sederet prestasi pun ketenaran bisa didapatkan. Banyak dari mereka yang ingin terkenal akhirnya membuat deretan kontroversi yang akhirnya akan menguntungkan dirinya sendiri.

Buat kalian yang belum mengenalnya, Berikut fakta penting La Nyalla yang akan membuatmu tahu siapa sebenarnya sosok yang sedang memiliki masalah dengan Prabowo Subianto.

Menjabat Ketua Umum PSSI Periode 2015 dengan Mudah

Ketua Umum PSSI La Nyalla

Pemilihan Ketua Umum PSSI tanggal 18 april 2015 digelar di Hotel JW Mariot Surabaya. La Nyalla menjadi kandidat terkuat dari saingannya Syarif Bastaman, Subardi, Saman, Muhammad Zein, dan Benhard Limbong. La Nyalla berhasil menang telak dengan 94 suara.

Selama masa jabatannya menjadi Ketua Umum PSSI banyak hal yang terjadi. Salah satunya ialah saat dirinya berstatus menjadi buronan atas kasus korupsi, ternyata ia juga pernah membiayaii operasional PSSI dengan uang pribadinya. PSSI disebut memiliki utang sebesar Rp 25 M kepada La Nyalla.

Beberapa Kasus Korupsi Menyeret Namanya

Kasus korupsi La Nyalla

Komisi Kejaksaan Republik Indonesia telah menerika 50 pengaduan yang melibatkan nama La Nyalla. Tetapi kasus yang paling diingat oleh publik ialah korupsi dana hibah Kamar Dagang Indonesia serta tindak pencucian uang dana hibah.

Dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin, Ia dituding pernah menghabiskan uang sebesar Rp 5.3 M untuk membeli saham perdana Bank Jatim pada tahun 2012 lalu. Sedangkan kasus pencucian uang dana hibah, La Nyala diduga menggunakan dana Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp. 48 M.

Kabur Ke Malaysia dan Singapura Saat akan Diperiksa KPK

La Nyalla Kabur ke Malaysia

La Nyalla menjadi salah satu pejabat yang kabur diwaktu akan diperiksa oleh KPK. Tahun 2016 di tengah-tengah kasus korupsi dana hibah Kadin Jatim yang menyeret namanya, Ia ditemukan kabur ke Malaisia menggunakan pesawat Garuda Indonesia sehari setelah penetapan menjadi tersangka.

Ia sempat kabur ke Singapura untuk menutupi jejaknya. Berbekal ulahnya tersebut, akhirnya passpor La Nyalla dicabut secara resmi oleh Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie. ATMnya pun sudah diblokir sehingga ia mengirim orang dari Indonesia untuk membawakan uang tunai padanya ke Negeri Jiran.

Sudah Keluar Banyak Duit dan Gagal Nyagub Jawa Timur

Gagal Nyagub di Jatim

Pilkada 2018 ini membuat banyak politisi kehilangan banyak uang. Kualisi-kualisi yang semakin sempit serta persyaratan yang diperketat membuat banyak calon pemimpin kelabakan. Hal ini turut dirasakan oleh La Nyalla.

Ia menyatakan sudah keluar uang Rp. 5,9 M hanya untuk kampanye. Namun ia mengungkapkan bahwa pihaknya harus menyerahkan dana sebesar RP .40 M kepada Partai Gerindra yang telah mengusungnya. Akhirnya La Nyalla mundur dari pencalonan dirinya menjadi calon Gubernur Jatim periode 2018-2023.

Terlibat Perkara dengan Pentolan Partai Gerindra

Masalah dengan Prabowo Subianto

Kasus inilah yang membuat nama La Nyalla Matalitti naik ke permukaan. Ia mengungkapkan kekesalannya terhadap Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra. Ketika akan membawa nama La Nyalla menjadi Cagub Jatin, ia menyatakan dimintai dana sebesar Rp. 40 M untuk membayar saksi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan sakit hati karena dimaki-maki oleh 08 alias Prabowo. Ia bahkan menelepon Fadli Zon selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra untuk menanyakan kena dia dimaki-maki. “kok saya dimaki-maki, saya ini siapa? Prabowo ini siapa? Saya bukan pegawai dia, Kok dia maki-maki saya?” Ucapnya.

Begitulah perjalanan La Nyalla di dunia politik yang kejam. Nama La Nyalla lebih sering dikaitkan dengan hal negatif seperti terjerat kasus korupsi serta kabur ketika akan dipanggil KPK. Tapi La Nyala juga seorang manusia yang memiliki sisi baik dan buruk, semua tergantung kalian yang menilainya.

BACA JUGA : 

SUMBER

Related posts