5 Ormas Anti-Pancasila Yang Akan Dibubarkan Pemerintah

tjahjo kumolo 5 ormas anti pancasila

Berita Nasional – Setelah bubarnya HTI, kini pemerintah akan bubarkan 5 ormas Anti-Pancasila yang ada di Indonesia. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan terdapat lima ormas Anti-Pancasila yang akan dibubarkan setelah Hizbut Tahir Indonesia.

Menurut laporan daerah masih ada ormas-ormas kecil, tetapi ormas kecil cukup punya nama di daerah tertentu. “Atas laporan daerah ada ormas-ormas kecil, tapi ormas kecil itu cukup punya nama,” ujar Tjahjo di Hotel Century Park Senayan, Jakarta.

BACA JUGA : Hasil Pertemuan MUI & Forpimda Tubah Soal Patung Dewa Raksasa!

Ormas kecil yang akan dibubarkan adalah ormas yang anti-Pancasila dan juga anarkis. Tjahjo sendiri tidak membenarkan maupun membantah kalau FPI menjadi salah satu ormas yang akan dibubarkan.

“Campur antara yang anti-Pancasila dengan anarkis, kalau ganggu ketertiban kan bisa langsung ditangani kepolisian, tunggu saja tanggal mainnya. (FPI) Tunggu tanggal mainnya saja, itu ormas kecil kok,” ungkap Tjahjo.

Meskipun telah mendapatkan laporan adanya lima ormas anti-Pancasila, kemendagri tak bisa sembarangan membubarkan ormas sebelum memliki bukti yang kuat. Memang dalam satu kasus seperti begini pemerintahan harus memiliki bukti yang kuat untuk membubarkan ormas yang nakal.

“Kita serahkan langsung ke kejaksaan, kepolisian Kemenko, tokoh agama, masyarakat, karena kami memutuskan ormas ini layak dibubarkan atau tidak harus memiliki bukti yang sangat kuat seperti HTI sendiri,” kata dia.

Contohnya saja seperti pembubaran HTI memakan waktu 10 tahun untuk mengumpulkan bukti yang kuat sehingga bisa langsung di proses dalam jalur hukum. Sedangkan lima ormas kecil yang akan dibubarkan baru diteliti oleh kemendagri selama dua tahun ini.

Politikus PDIP itu menyatakan pembubaran ormas – ormas anti-Pancasila selain HTI tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Untuk nama-nama ormasnya juga belum bisa disebutkan karena masih belum memilki bukti yang cukup untuk menutup ormas tersebut.

“Kemendagri meneliti ormas ini dua tahunan, nah makanya kan kurang, kita juga klarifikasi apa ada data foto, videonya, nah itu saja. Sabarlah tunggu waktunya.” kata Tjahjo.

Banyak sekali ormas kecil yang mungkin saja sangat mengganggu masyarakat sewaktu mereka melaksanakan kegiatan mereka yang secara anarkis. Maka dari itu harus segera dibubarkan seperti HTI.

Related posts

Leave a Comment